3 PROGRAM BESAR UNTUK SANTRIWATI BARU
1
|
Program
|
Membaca Alquran dengan baik, benar dan lancar
sesuai dengan hukum bacaan Alquran (Tajwid).
|
|
Indikator
|
1.
|
Santriwati mampu membaca Alquran dengan baik dan
benar dalam segi kefashihan (Fashahah) menyebutkan huruf-huruf.
|
|
2.
|
Santriwati mampu membaca Alquran dengan baik dan
benar dalam segi kelancaran bacaan/panjang pendek (Mad)
|
||
3.
|
Santriwati mampu menyebutkan hukum bacaan
Alquran (Tajwid)
|
||
Solving
|
1.
|
Mengelompokkan santriwati baru dalam beberapa
kelompok sesuai dengan kemampuan mereka dalam membaca Alquran.
|
|
2.
|
Membentuk kelompok Talaqqi Alquran harian
dengan dibimbing ustadzah-ustadzah.
|
||
3.
|
Mengadakan pendalam kemampuan membaca Alquran
secara menyeluruh (semua kelompok) melalui latihan-latihan mingguan atau
bulananan dengan dibimbing ustadz atau ustadzah yang berkompoten dibidang Alquran.
|
||
4.
|
Mengadakan lomba Tartir Alquran yang diikuti
perwakilan semua kelompok.
|
||
5.
|
Mengadakan lomba khatam membaca Alquran bulanan
perkelompok.
|
||
2
|
Program
|
Penguasaan dasar-dasar kebahasaan (Arab dan
Inggris)
|
|
Indikator
|
1.
|
Santriwati mampu menyebutkan Mufradat/Vocablary benda yang ada disekitar mereka.
|
|
2.
|
Santriwati mampu menyebutkan Mufradat/Vocablary kata kerja yang berhubungan dengan kegiatan
sehari-hari.
|
||
3.
|
Santriwati mampu mendialogkan (Muhadastah/Conversations)
benda yang ada disekitar mereka.
|
||
4.
|
Santriwati mampu mendialogkan (Muhadastah/Conversations)
kata kerja yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari.
|
||
5.
|
Santriwati mampu mengungkapkan kalimat-kalimat
percakapan langsung.
|
||
Solving
|
1.
|
Pemberian Mufradat/Vocablary Harian
(Pagi)
|
|
2.
|
Pemberian Kalimat Langsung Harian (Sore)
|
||
3.
|
Muhadastah/Conversations Harian (Sore)
|
||
4.
|
Ishlah Lughah Mingguan
|
||
5.
|
Minggu Bahasa (Minggu ke-3/bulan)
|
||
6.
|
Lomba Kebahasaan
|
||
|
|
7.
|
Membentuk Lajnah khusus dalam penanganan bahasa
santriwati baru.
|
3
|
Program
|
Menguasai dasar-dasar Khitabah
(Pidato/Retorika) dalam bahasa Indonesia, Arab dan Inggris.
|
|
Indikator
|
1.
|
Santriwati memahami dasar-dasar Khitabah
(Pidato/Retorika).
|
|
2.
|
Santriwati meaplikasikan dasar-dasar Khitabah
(Pidato/Retorika).
|
||
Solving
|
1.
|
Mengadakan Muhadharah 3 kali seminggu
(Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) yang dibimibng langsung oleh
ustadz/ustadzah.
|
|
2.
|
Mengadakan pengelompokan, pembinaan dan
pengembangan lanjut bagi yang mempunyai bakat dalam Khithabah
(Pidato/Retorika) baik bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.
|
||
3.
|
Mengadakan Bulan khithabah (Minggu
ke-4/bulan)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar