PONDOK
PESANTREN DARUL HIJRAH PUTRI
Salah satu wadah pembinaan santriwati di Pondok
Pesantren Darul Hijrah Putri adalah kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan-kegiatan
yang diadakan dalam program ekstrakurikuler didasari atas tujuan pada kurikulum
sekolah. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam santriwati dapat
mengembangkan bakat, minat dan kemampuannya.
Kegiatan-kegiatan santriwati khususnya
kegiatan ko/ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang terkoordinasi terarah dan
terpadu dengan kegiatan lain, guna menunjang pencapaian tujuan kurikulum[1].
Maksud dengan kegiatan terkoordinasi di
sini adalah kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan program yang telah
ditentukan. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dibimbing oleh pembimbing atau
pelatih, sehingga waktu pelaksanaan berjalan dengan baik.
Dengan Demikian, kegiatan ekstrakurikuler ikut
andil dalam menciptakan tingkat kecerdasan yang tinggi. Kegiatan ini bukan
termasuk materi pelajaran yang terpisah dari materi pelajaran lainnya, bahwa
dapat dilaksanakan di sela-sela penyampaian materi pelajaran, mengingat
kegiatan tersebut merupakan Bagian penting dari kurikulum Pondok[2].
Kegiatan ini menjadi salah satu unsur
penting dalam membangun kepribadian santriwati. Tujuan pelaksanaan
ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Darul HIjrah Putri sebagai berikut:
1.
Kegiatan ekstrakurikuler harus meningkatkan
kemampuan santriwati yang beraspek kognitif, afektif dan psikomotor.
2.
Mengembangkan bakat dan minat santriwati
dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif.
3.
Dapat mengetahui, mengenal serta membedakan
antara hubungan satu pelajaran dengan pelajaran lainnya[3].
Dari tujuan ekstrakurikuler di atas dapat
diambil kesimpulan bahwa ekstrakurikuler erat hubungannya dengan prestasi
belajar santriwati. Melalui kegiatan ekstrakurikuler santriwati dapat menambah
wawasan mengenai mata pelajaran yang erat kaitannya dengan pelajaran di ruang
kelas atau yang tidak ada hubungan dengan pembelajaran namun sifatnya adalah
pengembangan.
Melalui kegiatan ekstrakurikuler juga santriwati
dapat menyalurkan bakat, minat dan potensi yang dimiliki. Salah satu ciri
kegiatan ekstrakurikuler adalah keanekaragamannya, hampir semua minat santriwati
dapat digunakan sebagai bagian dari kegiatan ekstrakurikuler.
Hasil yang dicapai santriwati setelah
mengikuti pelajaran ekstrakurikuler dan berdampak pada hasil belajar di ruang
kelas yaitu pada mata pelajaran tertentu yang ada hubungannya dengan
ekstrakurikuler yaitu mendapat nilai baik pada pelajaran tersebut atau pengembangan
minat bakat pada pembelajaran yang tidak ada hubungan dengan pembelajaran
dikelas. Biasanya santriwati yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler akan
terampil dalam mengelola, memecahkan masalah sesuai karakteristik ekskul yang
digeluti.
A.
Kegiatan Ekstra Kurikuler di Pondok
Pesantren Darul Hijrah Putri
1.
Pengertian Kegiatan Ekstra Kurikuler
Kegiatan Ekstra Kurikuler
adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran formal untuk membantu
pengembangan santriwati sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat
mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh Pondok
Pesantren Darul Hijrah Putri.
2.
Visi dan Misi
a.
Visi
Visi kegiatan ekstra
kurikuler di Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri adalah berkembangnya potensi,
bakat dan minat secara optimal, serta tumbuhnya kemandirian dan kebahagiaan santriwati
yang berguna untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat dan agama.
b. Misi
1.
Menyediakan sejumlah kegiatan yang dapat
dipilih oleh santriwati sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat
mereka.
2.
Menyelenggarakan kegiatan yang memberikan
kesempatan santriwati mengespresikan diri secara bebas melalui kegiatan mandiri
dan atau kelompok.
3.
Fungsi Kegiatan Ekstra
Kurikuler
a.
Pengembangan, yaitu fungsi kegiatan
ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas santriwati
sesuai dengan potensi, bakat dan minat mereka.
b.
Sosial, yaitu fungsi kegiatan
ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial santriwati.
c.
Rekreatif, yaitu fungsi kegiatan
ekstra kurikuler untuk mengembangkan suasana rileks, mengembirakan dan
menyenangkan bagi santriwati yang menunjang proses perkembangan.
d.
Persiapan Karir, yaitu fungsi kegiatan
ekstra kurikuler untuk mengembangkan kesiapan karir santriwati dimasa-masa
mendatang.
4.
Prinsip Kegiatan Ekstra
Kurikuler
a.
Individual, yaitu prinsip kegiatan
ekstra kurikuler yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat santriwati
masing-masing.
b.
Pilihan, yaitu prinsip kegiatan
ekstra kurikuler yang sesuai dengan keinginan dan diikuti secara sukarela oleh santriwati.
c.
Keterlibatan aktif, yaitu prinsip
kegiatan ekstra kurikuler yang menuntut keikutsertaan santriwati secara penuh.
d.
Menyenangkan, yaitu prinsip kegiatan
ekstra kurikuler dalam suasana yang disukai dan mengembirakan bagi santriwati.
e.
Etos Kerja, yaitu prinsip kegiatan
ekstra kurikuler yang membangun semangat santriwati untuk belajar dan bekerja
dengan baik dan berhasil.
f.
Kemanfaatan Sosial, yaitu prinsip kegiatan
ekstra kurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.
5.
Jenis kegiatan Ekstra
Kurikuler
a.
Kepemimpinan Dasar, meliputi Kepramukaan,
Latihan Dasar Kepemimpinan Santriwati (LDKS), Palang Merah Santriwati (PMR),
Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA).
b.
Karya Ilmiah, meliputi Kegiatan Ilmiah Santriwati
(KIR), kegiatan penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian.
c.
Latihan/lomba keberbakatan/prestasi,
meliputi pengembangan
bakat olah raga (Volly, Basket, Tenis Meja, Bulu Tangkis), seni dan budaya, cinta alam, Bela Diri (Silat dan Karate), jurnalistik, teater, keagamaan, Seni baca Alquran, Muhadasah (percakapan bahasa Arab dan Inggris) dan Muhadarah (Latihan berpidato).
bakat olah raga (Volly, Basket, Tenis Meja, Bulu Tangkis), seni dan budaya, cinta alam, Bela Diri (Silat dan Karate), jurnalistik, teater, keagamaan, Seni baca Alquran, Muhadasah (percakapan bahasa Arab dan Inggris) dan Muhadarah (Latihan berpidato).
6.
Format Kegiatan
a.
Individual, yaitu format kegiatan
ekstra kurikuler yang diikuti santriwati secara perorangan.
b.
Kelompok, yaitu format kegiatan
ekstra kurikuler yang diikuti oleh kelompok-kelompok santriwati.
c.
Klasikal, yaitu format kegiatan
ekstra kurikuler yang diikuti santriwati dalam satu kelas.
d.
Gabungan, yaitu format kegiatan
ekstra kurikuler yang diikuti santriwati antarkelas/antarsekolah/pondok
pesantren.
e.
Lapangan, yaitu format kegiatan
ekstra kurikuler yang diikuti seorang atau sejumlah santriwati melalui kegiatan
di luar kelas atau kegiatan lapangan.
B.
Perencanaan Kegiatan
Perencanaan kegiatan
ekstra kurikuler mengacu pada jenis-jenis kegiatan yang memuat unsur-unsur:
1.
Wacana dan Tujuan
2.
Pelaksana (Koordinator dan Instruktur)
3.
Sasaran kegiatan
4.
Substansi kegiatan
5.
Pelaksana kegiatan
6.
Waktu dan tempat
7.
Sarana prasarana
8.
Penilaian Kegiatan
9.
Evaluasi Kegiatan
C.
Pelaksanaan Kegiatan
1.
Kegiatan ekstra kurikuler yang bersifat
rutin, spontan dan keteladanan dilaksanakan secara langsung oleh pembimibng
atau pelatih, konselor dan tenaga kependidikan di Pondok Pesantren Darul Hijrah
Putri internal maupun external.
2.
Kegiatan ekstra kurikuler yang terprogram
dilaksanakan sesuai dengan sasaran, substansi, jenis kegiatan, waktu, tempat,
dan pelaksana sebagaimana telah direncanakan.
3.
Kegiatan ekstra kurikuler Pondok Pesantren
Darul Hijrah Putri dikoordinatori oleh Bagian Pengasuhan sebagai penggerak dan
pemonitoring jalannya kegiatan.
D. Penilaian
Kegiatan
Hasil
dan proses kegiatan ekstra kurikuler dinilai secara kualitatif dan dilaporkan
oleh instruktur-instruktur kegiatan (Pelatih) kepada pihak koordinator (Bagian
Pengasuhan) yang selanjutnya akan disampaikan kepada lembaga masing-masing (SMP
dan SMA).
E. Pelaksana
Kegiatan
Pelaksana
kegiatan ekstra kurikuler adalah pendidik dan atau tenaga kependidikan sesuai
dengan kemampuan dan kewenangan pada substansi kegiatan ekstra kurikuler yang
dimaksud.
F.
Pengawasan Kegiatan
1.
Kegiatan ekstra kurikuler di Pondok
Pesantren Darul Hijrah Putri dipantau, dievaluasi, dan dibina melalui kegiatan
pengawasan.
2.
Pengawasan kegiatan ekstra kurikuler
dilakukan secara:
a.
internal, oleh Bagian Pengasuhan.
b.
eksternal, oleh pihak yang secara
struktural/fungsional memiliki kewenangan membina kegiatan ekstra kurikuler
yang dimaksud.
Hasil pengawasan didokumentasikan, dianalisis
dan ditindak lanjuti untuk peningkatan mutu perencanaan dan pelaksanaan
kegiatan ekstra kurikuler di Pondok pesantren Darul Hijrah Putri yang tertuang
dalam laporan bulan.
[1] Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Petunjuk Teknis
Tata Cara Berorganisasi Siswa. (Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat
Pembinaan Kesantriwatian: Jakarta, 1985), hal. 1.
2021 ford escape titanium hybrid, featuring: - TiogaArt
BalasHapus2021 ford escape titanium hybrid, featuring: › 2019 › 2021 › 2019 › 2019 › 2019 Jun 15, 2019 — titanium tv apk Jun 15, 2019 titanium nipple jewelry The ultimate guide to the best fusion-shaped 2021, the ridge wallet titanium 2019 titanium exhaust tips and 2021's Ultimate Guide to the 2019 ATP titanium ring for men MULTI MINIMUM LEMON GARLATINUM GROUND CREEK.